Rabu, 21 Agustus 2013

Bunga Mawar



Khasiat dan Manfaat Bunga Mawar
1. Batuk darah
Seduh 10 g bunga mawar kering dengan 1 cangkir air panas. Tambahkan gula batu secukupnya, aduk rata, lalu tutup cangkirnya. Setelah 30 menit, minum air seduhannya 2 kali sehari dengan dosis dan cara yang sama.

2.
Campak
Cuci bersih 15 kuntum bunga mawar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

3.
Haid tidak teratur
Seduh 20 g bunga mawar segar dengan 1 gelas air panas untuk diminum 2 kali sehari.

4.
Keputihan
Rebus 9—15 g akar bunga mawar kering dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air saringannya sekaligus ½ gelas sehari.

5.
Penurunan bagian uterus setelah melahirkan (prolapsus uteri)
Lumatkan 30 g bunga mawar kering. Tambahkan gula batu secukupnya dan 1 cangkir arak merah, lalu tim. Minum hasil tim 1 kali sehari.

Catatan
: wanita hamil dilarang minum ramuan dan bunga mawar dan bagi penderita fungsi pencernaan Iemah sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan ramuan.

Secara tradisional, minyak mawar telah digunakan untuk efek pada kulit. Aman untuk semua jenis kulit, minyak mawar, yang kaya di kedua omega-3 dan omega-6 fatty acids, sangat bermanfaat untuk kering, kasar, pecah-pecah, sensitif, dibakar, atau penuaan kulit.

Kaya akan antioksidan vitamin A dan vitamin C, minyak mawar memiliki efek tonik dan zat pada kapiler yang terletak persis di bawah permukaan kulit. Minyak mawar mengurangi kemerahan disebabkan oleh pembesaran pembuluh kapiler, iritasi dan luka bakar, atau peradangan kulit.

Mawar dan kebudayaan
 Dalam kebudayaan Barat, mawar adalah bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite.

Bunga mawar adalah bunga nasional Inggris dan digunakan sebagai lambang tim nasional rugby Inggris dan Rugby Football Union di Inggris.

Di Kanada, bunga mawar liar merupakan bunga provinsi Alberta. Di Amerika Serikat, bunga mawar merupakan bunga negara bagian Iowa, North Dakota, Georgia, dan New York. Kota Portland di negara bagian Oregon yang setiap tahunnya mengadakan festival bunga mawar sering disebut "Kota Bunga mawar."

Bunga mawar merupakan simbol anti-kekerasan di Georgia sewaktu terjadi Revolusi Mawar di tahun 2003.

Selain itu, bunga mawar sering dijadikan objek lukisan oleh banyak pelukis. Pelukis Perancis bernama Pierre-Joseph Redouté terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar